News

GGP's Prime Planting of Cavendish Banana at Jembrana, Bali (Bahasa)

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati meluncurkan dan melakukan penanaman perdana pisang jenis Cavendish di lahan aset pemerintah setempat di daerah Pekutatan, Kabupaten Jembrana, menandai pengembangan Kawasan Hortikultura Tanaman Pisang Tingkat Nasional.
 
Kegiatan tersebut, lanjut dia, sesuai Visi Pembangunan Bali 2018 – 2023 yaitu "Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru".
 
Pada penanaman perdana ini, pisang Cavendish dipilih sebagai komoditas yang akan dikembangkan. Pasalnya, pisang Cavendish adalah satu satu komoditas hortikultura yang mempunyai prospek pengembangan yang baik karena memiliki nilai ekonomi tinggi dan potensi pasar yang masih terbuka luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga diharapkan dapat menekan defisit perdagangan nasional.
 
Sementara Operation Managing Director Great Giant Food Wayan Ardana dalam laporannya menyampaikan bahwa PT Great Giant Pineapple (GGP) selaku 'offtaker' dan perusahaan yang melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah dan petani, melalui program Creating Share Value akan melakukan kerja sama kemitraan dengan kelompok tani atas dasar pemberdayaan dan saling menguntungkan kedua belah pihak (win-win solution) untuk melakukan budidaya/produksi pisang yang berdaya saing dan berkualitas ekspor.