News

ZEN Tableware x Dian Sastrowardoyo: Harmony in Diversity

Dikutip dari Kementerian Perindustrian, industri keramik Indonesia memiliki potensial untuk menduduki peringkat 4 dunia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor produk keramik sepanjang tahun 2018 mengalami pertumbuhan yang sangat tipis sebesar 1,24%. Walaupun bisnis industri keramik mengalami perlambatan pertumbuhan, terutama di masa pandemi, namun utilisasi industri keramik mulai beranjak naik hingga 60% di kuartal III tahun 2020 setelah sempat berada di 30% pada kuartal II.
 
Seiring dengan semangat memajukan bisnis keramik Indonesia, Zen Tableware berkolaborasi dengan pekerja seni Dian Sastrowardoyo meluncurkan koleksi keramik tableware yang diberi nama "Harmony in Diversity".
 
Kolaborasi ini tertuang dalam padu padan indah keramik makan yang terinspirasi gaya Asia – Western Style Chinese Motifs dan Timur Tengah – Geometric Pattern Architecture, yang juga dipadukan dengan motif-motif dan ornamen khas Nusantara, antara lain: Ornamen Bunga Wijaya kusuma, dimana bunga ini melambangkan keberuntungan.  Dalam kisah pewayangan, bunga ini disebut sebagai pusaka milik Bathara Kresna, titisan dewa Wisnu sang pemelihara alam semesta. Kemudian terdapat Ornamen Bunga Melati, bunga yang melambangkan kesucian dan kemurnian dan banyak dikaitkan dengan tradisi di beberapa suku di Indonesia, seperti pada hiasan rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan adat seperti pada adat Jawa dan Sunda. Ada juga Ornamen Bunga Anggrek Bulan atau puspa pesona yang merupakan salah satu bunga nasional Indonesia. Bahasa bunga Anggrek juga cukup mendalam, dimana bunga ini mewakili perasaan takut kehilangan dan ingin menjaga serta juga melambangkan cinta dan keagungan.
 
Koleksi Zen Tableware  x Dian Sastrowardoyo hadir dengan koleksi lengkap Dinner set dan Tea set yang terdiri dari Piring makan, piring salad, Mangkuk, Mug, Tea Pot, Cangkir dan Piring tatakan and Mangkuk saji. Tidak hanya perpaduan harmonisasi motif desain Moroccan dan Chinoserie saja, kombinasi warna hijau dan biru toska juga menjadi elemen inspirasi dalam menciptakan koleksi perangkat lunak bermotif elegan ini, sehingga muncullah penamaan koleksi yaitu GREEN HARMONY series dan ROYAL BLUE series. Setiap kolaborasi tidak melulu ditujukan untuk kepentingan bisnis semata, dan yang berbeda dengan kolaborasi ini adalah tujuan mulia dibaliknya dimana sebagian keuntungan dari koleksi Harmony in Diversity ini akan disumbangkan untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan disalurkan melalui Yayasan Dian Sastrowardoyo.




"Saya  gembira saat ditawari berkolaborasi dengan Zen Tableware, karena salah satu hobi saya adalah mendekorasi rumah, dan melalui kerja sama ini, saya dapat menuangkan ide-ide saya serta memasukkan unsur-unsur Indonesia ke dalam desain ini. Alasan lain menerima ajakan kerja sama ini adalah karena kolaborasi ini mempunyai nilai lebih dan dapat membuat kontribusi nyata di bidang pendidikan", ujar Dian.
 
Koleksi spesial Harmony in Diversity telah hadir mulai 16 April 2021 dan dapat dibeli melalui website kami di www.zentableware.com, serta melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, BliBli, Dekoruma dan lain-lain.

--